Kamis, 23 Juni 2016

LOKASI YANG BAIK DALAM MEMBELI PROPERTY ITU SEPERTI APA ?


"Ada tiga hal yang paling penting dalam memilih dan membeli properti. Pertama, lokasi. Kedua, lokasi. Ketiga, lokasi." (Hukum Investasi Properti)

Dalam berburu properti, ada yang lebih penting dari harga, yaitu lokasi. Harga boleh saja murah, tapi kalau lokasinya mati uang anda akan terpendam disana. Properti kalau sudah "mati"susah mau buat apa. Dijual ga laku, ditinggali pun tidak nyaman. Bagaimana keluarga bisa btah tinggal disana, kalau sendirian tidak punya tetangga ?

Karena itu, perhitungkan lokasi dengan cermat.

Lokasi yang baik itu seperti apa ?

Dalam menentukan lokasi, seringkali kita bersikap subjektif. Misalnya, karena kita sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di Bandung, maka kita cenderung memilih lokasi yang sama. Padahal, mungkin kawasan lain memiliki potensi perkembangan yang sangat baik dibandingkan dengan Bandung.

Subyektivitas tak hanya mengenai lokasi. Tetapi juga model arsitektur. Mungkin ada di antara kita yang tidak menyukai desain modern minimalis. Kesannya terlalu kaku, dan tidak banyak ornamen. Tapi suka atau tidak suka,properti dengan model minimalis adalah yang paling laku saat ini. Dengan luasan yang sama, rumah bergaya minimalis bisa laku lebih mahal dibandingkan gaya mediterania.

Kadang-kadang subjektivitas itu merugikan. Usahakan agar tidak memilih lokasi yang anda sukai dan menghindari lokasi yang tidak anda sukai. Yang harus dipegang adalah lokasi yang paling cepat naik harganya. Tentu ada unsur spekulasi. Namun unsur spekulasi itu bisa dikurangi dengan memahami data-data statistik dan demografis yang ada.

Tentu saja, tips di atas hanya berlaku apabila anda berniat membeli properti untuk disewakan, atau sebagai investasi. Kalau anda berniat membeli untuk dipakai, subjektivitas adalah faktor penting, walaupun bukan satu-satunya.  Jika akan dihuni sendiri, pilihlah lokasi yang anda merasa paling nyaman dan betah tinggal disana. Perhitungkan perubahan selera diri anda sendiri di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015-2016 Property Van Java | Designed With By Elegance Templates | Distributed By PROPERTY VAN JAVA
Scroll To Top